about me

Foto saya
tak akan ada perubahan, tanpa dimulai dari dirimu sendiri

Kamis, 09 Desember 2010

MEMPERKIRAKAN RISIKO PENGENDALIAN / PENGUJIAN PENGENDALIAN

Kali ini saya akan share sedikit mengenai meperkirakan risiko Pengendalian atau pengujian pengendalian pada proses audit.
  materi ini saya ambil dari makalah presentasi saya dalam kuliah Auditing. isi dari materi ini saya ambil dari satu buku yaitu buku Auditing karya Boynton.

MENILAI RESIKO PENGENDALIAN
                Menilai resiko pengendalian (Assigment Control risk) merupakan suatu mengevaluasi efektivitas pengendalian intern suatu entitas dalam mencegah atau mendeteksi salah saji yang material dalam laporan keuangan (AU 319.47).
                Tujuan dari penilain resiko pengendalian adalah untuk membantu auditor dalam membuat suatu pertimbangan mengenai resiko salah saji yang material dalam asersi laporan keuangan. Penilaian resiko pengendalian melibatkan pengevaluasian terhadap efektivitas dari:
    1.      Rancangan
    2.      
    2.      Mengidentifikasi salah saji Potensial

    3.      Mengidentifikasi Pengendalian yang diperlukan

    4.      Melaksanakan Pengujian Pengendalian

    B.     MENGEVALUASI BUKTI DAN MEMBUAT PENILAIAN
    Penilaian akhir dari resiko pengendalian untuk asersi laporan keuangan didasakan pada pengevaluasian bukti yang diperoleh dari:
    1.      Prosedur untuk memperoleh pemahaman mengenai pengendalian intern
    2.      Pengujian Pengendalian yang berhubungan
    Menentukan tingkat risiko pengendalian yang dinilai merupakan masalah pertimbangan professional.  AU 319.64 menyarankan agar auditor mempertimbangkan jenis bukti, sumber bukti, batas waktu dan keberadaan bukti lain yang berhubungan dengan penilaian resiko pengendalian ketika membuat pertimbangan tersebut .
    Sebagai contoh, pendokumentasian dari rancangan

    C.    MENILAI RISIKO PENGENDALIAN DALAM LINGKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI
    Strategi untuk Melaksanakan Pengujian Pengendalian. Berikut ini adalah tiga strategi yang berhubungan dengan penilaian risiko pengendalian :
    1.      Menilai risiko pengendalian berdasarkan pengendalian pemakai
    2.      Merencanakan suatu penilaian risiko pengendalian yang rendah berdasarkan pengendalian aplikasi
    3.      Merencanakan suatu penilaian risiko pengendalian yang tinggi berdasarkan pada pengendalian umum dan tindak lanjut manual.
    Pengendalian Pemakai
    Individu dalam suatu departemen pemakai dapat membandingkan output yang dihasilkan oleh computer dengan dokumen sumber yang mendukung transaksi. Pengendalian ini dilaksanakan dengan tingkat rincian yang lebih tinggi dan mungkin menyediakan suatu tingkat keyakinan yang lebih tinggi bahwa salah saji telah dideteksi dan diperbaiki.


    Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link dibawah ini

    MEMPERKIRAKAN RISIKO PENGENDALIAN / PENGUJIAN PENGENDALIAN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar